10.10.2011

PSU (Power Supply Unit)



High Efficeiency
Effisiensi pada PSU adalah rasio perbandingan antara daya yang masuk (input power), dibandingkan dengan daya yang dihasilkan (output power). Makin tinggi rasio efisiensi, makin sedikit panas yang dilepaskan oleh PSU. Sedikit banyaknya akan mempengaruhi beban listrik, yang akan berpengaruh dengan tagihan listrik Anda. Ini juga memungkinkan tingkat kebisingan PSU lebih rendah, karena dibutuhkan pendinginan yang minim dibanding PSU berefisiensi rendah.


Active PFC
Karakteristik catuan daya arus bolak-balik (AC) memiliki dua macam perhitungan daya (power), yaitu active dan reactive. Reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban yang nonlinear. Sewaktu-waktu PSU akan terbebani dengan high impulse, yang akan mempengaruhi tegangan masukan (main voltage). Dengan active PFC, high impulse reactive power ini dapat ditekan seminimal mungkin. Aktive PFC memungkinkan transformer PSU mengonsumsi daya secara proporsional, sesuai daya yang dibutuhkan. Di negara maju, fitur active PFC mulai direncanakan menjadi fitur wajib untuk dapat memenuhi standardisasi Energi Star.


Power Factor
Rasio perbandingan antara active power dibanding total dari active dan reactive power. Pada kebanyakan PSU, nilai power factor berkisar 0,65. PSU dengan active PFC berkisar 0,97-0,99.

Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong tinggalkan pesan,kritik dan saran anda disini untuk membangun dan memperbaiki blog ini. Dan apabila anda ingin menambahkan emotion diatas, anda tinggal mengetik kode yang ada disamping kanannya. Contoh= :10

http://edu-sumber.blogspot.com/feeds/posts/default
http://edu-sumber.blogspot.com/feeds/comments/default


Widget by cah sumber poenya
  • facebook icon
  • twitter icon
  • rss feed icon
  • email icon